Selasa, 24 Juni 2014

Pengkajian Dan Penerapan Teknologi



Nama                           : Syahriandi Akbari Siregar
Jurusan                        : Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
Mata Kuliah                : Pengkajian Dan Penerapan Teknologi
Kode                           : KJ - 709
Dosen                          : Prof. Dr. Soemarto, M.Sie

  1. Jelaskan beda pengertian teknologi yang bersifat umum dan teknologi yang bersifat praktis dalam percakapan sehari – hari !
Teknologi secara umum sudah lama menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari, dan manusia terbiasa dan cenderung menganggap teknologi sebagai sebuah peralatan yang berkaitan dengan mesin, komputer serta serba elektronik. Teknoligi juga dikenal sebagai proses yang meningkatkan nilai tambah, produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja dan struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan.
Teknologi bersifat praktis adalah bahwa teknologi merupakan aplikasi praktis dari pengetahuan. Memahami teknologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu pengetahuan alam (nature science) dan rekayasa (engineering). Ilmu pengetahuan alam adalah input bagi proses ilmu rekayasa sedangkan teknologi adalah hasil proses rekayasa. Menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) teknologi berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering).

2.      Apa yang dimaksud dengan institutional building itu ?
Institutional Building adalah sebuah perjalanan  yang tidak akan pernah berhenti sepanjang masa hidup organisasi; sebab perubahan dan pertumbuhan adalah bagian dari kehidupan organisasi itu sendiri. Dan ini sesuai dengan pendapat Milton J. Esman (1972) yang menjelaskan Institutional Building  adalah proses perencanaan dan strukturisasi, yang memandu organisasi lama maupun baru dalam mendefinisikan perubahan nilai, posisi, peran, dan fungsi mereka dengan mendasarkan diri pada perubahan lingkungan politik, ekonomi maupun teknologi yang dinamis untuk membangun dan mengembangkan hubungan dan pola-pola relasi baru guna memperoleh dan memperluas dukungan serta partisipasi publik dan para stakeholder.

3.      Parameter apa yang paling penting untuk masukan model pertumbuhan jumlah penduduk suatu Negara ? Jelaskan.
Pertumbuhan penduduk adalah merupakan perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. Sedangkan parameter yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah:
a)      Kematian (Mortalitas)
Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya angka kematian caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran.
b)      Kelahiran (Natalitas)
Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang menghambat kelahiran (anti natalitas) dan yang mendukung kelahiran (pro natalitas)
c)      Migrasi (Mobilitas)
Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain.

  1. Jelaskan perbedaan peran seorang individu pakar terhadap peran institusi perguruan tinggi dalam pengembangan suatu bidang keilmuan!
Peran seorang individu pakar perguruan tinggi dalam mengembangkan bidang keilmuan adalah bisa mengelola dan mengembangkan bidang keilmuan dan bidang pengabdian masyarakat sebagai aplikasi bidang keilmuannya , baik itu secara internal ataupun eksternal dan harus bisa menjalankan tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk dari pengembangan suatu bidang keilmuannya.
Contoh :Seorang dosen Agroindustri, ia harus mengajar dan melakukan pengembangan sesuai dengan bidang kealian yang dimilikinya seperti halnya melakukan suatu penelitian  dalam bidang agroindustri, baik itu penemuan produk inovatif maupun menciptakan suatu formula penanganan bidang pertanian maupun suatu alat pertanian dll. Sehingga dari temuan-temuan tersebut dapat diaplikasikan ke masyarakat yang bisa membantu dan memberikan masukan – masukan ataupun kemudahan dalam hal penanganan hasil pertanian yang dilakukan masyarakat. Misalnya : masyarakat dapat menangani produk hasil pertanian dengan labih menarik dan bermutu sehingga nilai jualnya lebih tinggi, kemudian memberikan masukan kepada masyarakat terhadap penangan masalah hama dan formulasi pestida dan pupuk yang baik dan sebagainya.

  1. Jelaskan dua produk utama keluaran dari suatu universitas!
Untuk melihat hasil produk keluaran dari suatu universitas baik atau tidaknya dilihat dari
a.      Mutu Lulusan
Sebuah universitas harus memiliki lulusan yang memiliki kompetensi dan keahlian di bidang masing - masing yang ditunjang dengan keterampilan, soft skill, dan budi pekerti atau moral atau etika yang baik. Beriring berkembangnya zaman, persaingan dalam industry  semakin ketat, sehingga lulusan yang berkualitas sangat diperlukan untuk mengurangi pengangguran.
b.      PPM (Penelitian, Pengetahuan, dan Pengabdian pada Masyarakat)
Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. dalam penyelenggaraan penelitian, ilmu dipandang sebagai proses. Ilmu dikembangkan melalui cara kerja ilmiah sesuai dengan pendekatan dan model penelitian yang digunakan. Hasil penelitian dialihkan dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian tersebut diuji kembali dalam penyelenggaraan penelitian berikutnya secara terus menerus dan berkesinambungan. Penelitian dapat dijadikan sebagai cara kerja untuk memecahkan masalah kemasyarakatan secara ilmiah. Cara pemecahan masalah yang demikian tentu saja sangat tergantung kepada karakteristik dan daya ampuh masing-masing disiplin atau bidang ilmu. Kemudian Ilmu ditempatkan sebagai instrumen dan cara kerja untuk memecahkan masalah kemasyarakatan secara ilmiah.

  1. Penemuan teknologi apa yang paling penting dalam kehidupan manusia ? Jelaskan!
Penemuan teknologi yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah dalam bidang teknologi pertanian, teknologi kesehatan, teknologi komunikasi dan informasi, teknologi transportasi.
a.      Teknologi – teknologi dalam bidang pertanian sangat dibutuhkan oleh manuasia, sebab dengan adanya inovasi teknologi dalam bidang pertanian dapat membantu dan memberikan masukan kepada masyarakat dalam mengelola maupun menangani hasil pertanian yang mereka hasilkan. Sehingga ini juga dapat mempermudah dan meningkatkan hasil mutu pertanian dalam hal mencukupin kebutuhan pangan disuatu Negara
b.      Teknologi-teknologi dalam bidang kesehatan sangat diperlukan oleh manusia, karena kesehatan sangat penting untuk bertahan hidup. Dengan berkembangnya teknologi dalam bidang kesehatan, diharapkan tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, sehingga tingkat kesehatan manusia akan meningkat.
c.       Teknologi transportasi Dengan adanya kemudahan dalam bidang trasportasi manusia dimanjakan dengan kenyamanan dan waktu yang tidak terbuang sia-sia, sehingga jarak bukan lagi sebuah masalah. Kecanggihan teknologi transportasi juga dapat memudahkan seseorang untuk berpindah tempat dari suatu Negara ke-negara lain, misalnya saja dengan adanya pesawat terbang yang memungkinkan seseorang terbang melewati lautan.
d.      Teknologi komunikasi (ICT) sangat penting, karena dengan komunikasi setiap manusia dapat berinteraksi dengan orang lain. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi seseorang tidak hanya sebatas antar individu, tetapi bisa berkomunikasi antar kelompok atau organisasi secara langsung dengan jarak jauh. Semua teknologi tersebut dapat diaplikasikan kedalam pendidikan, sehingga teknologi pembelajaran akan semakin maju. Contohnya saja penerapan ICT dalam pendidikan yang dapat memudahkan siswa belajar dengan jarak jauh (e-learning), selain itu internet memudahkan seseorang dalam mencari dan mengakses informasi atau pengetahuan.

  1. Apakah betul manusia mengalami kemajuan dengan penemuan – penemuan teknologi baru itu ? Jelaskan !
Dilihat dari cara kehidupan masyarakat pada saat sekarang ini, memang betul bahwa manusia mengalami kemajuan dengan penemuan teknologi yang baru. Ini bisa dilihat dari berkembangnya teknologi kehidupan manusia mengalami banyak kemajuan, baik itu dalam bidang pertanian, komunikasi, transportasi, terlebih lagi dalam bidang perekonomian. Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi membuat manusia terus mengembangkan cara baru untuk membuat hidup mereka terasa lebih mudah.  Namun disamping kemajuan dan manfaat, teknologi juga memberikan dampak negative, yaitu dengan menimbulkan kemunduran moral, sosial dan budaya  seperti kenakalan dan tindak penyimpangan dikalangan remaja dengan mengakses situs porno, dan oknum-oknum yang menggunakan media facebook sebagai media porstitusi yang jelas dapat merusak moral para generasi muda serta memunculkan efek dehumanisasi, yaitu kemerosotan tata-nilai.

  1. Bagaimana perhatian pengaturan HKI untuk kepentingan publik, pencipta, institusi atau swasta ? Berilah contoh studi kasus !
Hak Kekayaan Intelektual atau HKI merupakan perlindungan yang diberikan terhadap kekayaan intelektual sehingga si pemilik dapat menggunakan dan memanfaatkan kekayaan intelektualnya secara maksimal. Pemerintah telah mempunyai undang undang (UU) HAKI yang diatur dalam tujuh UU yaitu UU Hak Cipta, UU Merk, UU Paten, UU Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, UU Desain Industri, UU Rahasia Dagang dan UU Perlindungan Varietas Tanaman.
Perlindungan terhadap kekayaan intelektual didasarkan pada konsep moral, yaitu adanya hak moral pada setiap pencipta dan hasil ciptaannya. Hak moral merupakan ciri khas dari hak kekayaan intelektual, termasuk Hak Cipta. Pada negara berkembang, perlindungan terhadap hasil karya cipta khususnya perlindungan terhadap pengembangan pengetahuan tradisional merupakan dasar untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu yang memiliki nilai untuk penemuan–penemuan baru yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah secara ekonomis kepada negara. Perlindungan terhadap pengetahuan tradisional akan membawa dampak positif dalam memberikan dukungan kepada komunitas masyarakat untuk menjalankan tradisi dan melestarikan budaya yang ada.
CONTOH STUDI KASUS : PELANGGARAN MEREK PRODUK
Pemalsuan Produk Milk Bath merek the Body Shop di Jakarta.
a.      Milk Bath adalah salah satu produk kosmetik yang dikeluarkan oleh THE BODY SHOP INTERNATIONAL PLC, suatu perusahaan kosmetik terkenal dari Inggris. Milk Bath digunakan untuk keperluan mandi yang mempunyai sifat larut dalam air, dan berfungsi untuk memutihkan badan. Produk-produk the Body Shop juga telah dipasarkan secara luas di Indonesia melalui pemegang lisensinya, yakni PT. MONICA HIJAU LESTARI.
b.      Bentuk Pelanggaran :
Pada pertengahan tahun 1996 PT. MONICA HIJAU LESTARI banyak menerima keluhan dari konsumen mengenai produk milk bath (susu untuk mandi) yang berbeda dari produk yang sebelumnya biasa dipakai. Setelah diteliti ternyata produk tersebut tidak sama dengan produk yang dikeluarkan oleh THE BODY SHOP INTERNATIONAL PLC, dan diyakini produk milk bath yang beredar tersebut adalah palsu, dan ciri-ciri produk palsu tersebut, antara lain :
·         Menggunakan kemasan dari plastik yang dibungkus oleh kain, dan memiliki bentuk yang hampir sama dengan kemasan produk yang asli, namun mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan produk yang asli.
·         Milk Bath yang palsu tersebut tidak larut dalam air.
·         Tidak mempunyai pengaruh/khasiat untuk memutihkan tubuh.
·         Dipasarkan dengan sistem direct selling.

  1. Adakah perbedaan cara merancang (disain) yang dilakukan oleh seniman atau arsitek dengan oleh seorang insinyur ? Jelaskan perbedaannya bila ada hal yang mendasar.
Menurut Cynton Haris, Dictionary Of Architecture and Construction (1975) Arsitektur adalah suatu seni dan ilmu pengtahuan desain dan membangun struktur atau kelompok struktur yang besar, dalam hubungannya dengan estetika dan kriteria fungsional dan struktur yang dibangun dalam keserasian dengan beberapa prinsip.
Insinyur (engineer) adalah seorang eksekutor desain yang membuat sesuatu berdasarkan rancangan orng lain. Engineering adalah suatu ilmu keteknikan yang dipraktekkan ke dalam kehidupan untuk mempermudah kita dalam melakukan sesuatu. Sehingga engineer atau insinyur adalah seseorang yang bekerja di bidang engineering dan mampu menggunakan ilmunya untuk menghasilkan suatu benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang engineer atau insinyur juga membantu memecahkan permasalahan dibidang teknologi yang ada. Insinyur yang bekerja di pabrik, memiliki peran mengawasi proses produksi, menentukan penyebab kerusakan alat, dan menguji produk untuk menjaga kualitas. Seorang insinyur juga dapat bekerja di kantor, pertambangan, laboratorium, dan hampir di semua tempat yang memerlukan teknologi.

  1. Jelaskan beda pengertian teknologi yang bersifat umum dan teknologi yang bersifat praktis dalam percakapan sehari – hari ! Penemuan teknologi apa yang paling penting dalam kehidupan manusia ? Jelaskan ! Apakah betul manusia mengalami kemajuan dengan penemuan – penemuan teknologi baru itu ? Jelaskan !

-          Pengertian teknologi yang bersifat umum dan teknologi yang bersifat praktis dalam percakapan sehari – hari ialah
1.      teknologi bersifat umum : teknologi merupakan segenap keterampilan manusia yang menggunakan sumber – sumber daya alam untuk memecahkan masalah – masalah yang dihadapi dalam kehidupan, secara umum teknologi merupakan suatu system penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan – tujuan praktis yang ditentukan. Misalnya menyangkut soal-soal teoritis tentang sifat dasar teknologi, hubungannya dengan ilmu, struktur tindakan teknologi, intisari mesin, dan perbedaan mesin dengan manusia.
2.      Teknologi bersifat praktis adalah bahwa teknologi merupakan aplikasi praktis dari pengetahuan. Memahami teknologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu pengetahuan alam (nature science) dan rekayasa (engineering). Teknologi bersifat praktis, misalnya menyangkut persolan-persoalan etis mengenai keterasingan dalam masyarakat industri, senjata nuklir, pencemaran dam parktik keinsinyuran yang professional.

-          Penemuan teknologi yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah dalam bidang teknologi pertanian, teknologi kesehatan, teknologi komunikasi dan informasi, teknologi transportasi.
1.      Teknologi – teknologi dalam bidang pertanian sangat dibutuhkan oleh manuasia, sebab dengan adanya inovasi teknologi dalam bidang pertanian dapat membantu dan memberikan masukan kepada masyarakat dalam mengelola maupun menangani hasil pertanian yang mereka hasilkan. Sehingga ini juga dapat mempermudah dan meningkatkan hasil mutu pertanian dalam hal mencukupin kebutuhan pangan.
2.      Teknologi-teknologi dalam bidang kesehatan sangat diperlukan oleh manusia, karena kesehatan sangat penting untuk bertahan hidup. Dengan berkembangnya teknologi dalam bidang kesehatan, diharapkan tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, sehingga tingkat kesehatan manusia akan meningkat.
3.      Teknologi transportasi Dengan adanya kemudahan dalam bidang trasportasi manusia dimanjakan dengan kenyamanan dan waktu yang tidak terbuang sia-sia, sehingga jarak bukan lagi sebuah masalah. Kecanggihan teknologi transportasi juga dapat memudahkan seseorang untuk berpindah tempat dari suatu Negara ke-negara lain, misalnya saja dengan adanya pesawat terbang yang memungkinkan seseorang terbang melewati lautan.
4.      Teknologi komunikasi (ICT) sangat penting, karena dengan komunikasi setiap manusia dapat berinteraksi dengan orang lain. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi seseorang tidak hanya sebatas antar individu, tetapi bisa berkomunikasi antar kelompok atau organisasi secara langsung dengan jarak jauh. Semua teknologi tersebut dapat diaplikasikan kedalam pendidikan, sehingga teknologi pembelajaran akan semakin maju.

-          Apakah betul manusia mengalami kemajuan dengan penemuan – penemuan teknologi baru itu ?
Dilihat dari cara kehidupan masyarakat pada saat sekarang ini, memang betul bahwa manusia mengalami kemajuan dengan penemuan teknologi yang baru. Ini bisa dilihat dari berkembangnya teknologi kehidupan manusia mengalami banyak kemajuan, baik itu dalam bidang pertanian, komunikasi, transportasi, terlebih lagi dalam bidang perekonomian. Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi membuat manusia terus mengembangkan cara baru untuk membuat hidup mereka terasa lebih mudah.  Namun disamping kemajuan dan manfaat, teknologi juga memberikan dampak negatife, yaitu dengan menimbulkan kemunduran moral, sosial dan budaya  seperti kenakalan dan tindak penyimpangan dikalangan remaja dengan mengakses situs porno, dan oknum-oknum yang menggunakan media facebook sebagai media porstitusi yang jelas dapat merusak moral para generasi muda serta memunculkan efek dehumanisasi, yaitu kemerosotan tata-nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar